Beberapa hari belakangan ini saya mengamati data blog stats di blog ini menunjukkan banyak yang mencari kata kunci “belajar SAP” atau “Mengenal SAP”. Sebenarnya sih banyak referensi yang bisa kita temukan untuk mencari definisi SAP, seperti misalnya di wikipedia dengan kata kunci ‘SAP AG’, atau bisa juga dilihat dari konsepnya dulu lewat kata ERP (Enterprise Resource Planning) dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris juga ada. Hubungannya ERP dan SAP adalah bahwa ERP merupakan konsep sistem informasi yang mengintegrasikan antara beberapa bagian yang saling terkait di sebuah perusahaan dan SAP adalah salah satu software aplikasi yang menerapkan konsep tersebut. Pada awalnya konsep ERP hanya mencakup proses manufaktur saja, tetapi dengan berkembangnya waktu ERP berkembang merambah ke bidang-bidang usaha yang lain.

Bicara tentang SAP, secara teknis memang aplikasi ini sangat kompleks, mungkin aplikasi yang paling kompleks yang saya pernah temui. Mungkin karena SAP merupakan aplikasi korporat sehingga juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan dan katanya juga SAP tergolong software aplikasi yang paling mahal.

Menurut saya sebagai sorang pemula, ilmu tentang SAP dibagi menjadi 2 macam :

  1. System Support. Di bagian ini mempelajari bagian teknis sebuah sistem yang kompleks di SAP. Beberapa diantaranya digolongkan menjadi Basis System Admin dan programmer ABAP.
  2. Functional Support. Di bagian ini mempelajari proses bisnis perusahaan dan dipetakan dengan modul functional yang disediakan oleh SAP. Pengetahuan tentang bisnis proses merupakan sebuah kelebihan tetapi tidak menutup kemungkinan orang teknik yang tidak tahu apa-apa tentang bisnis proses bisa sangat cepat mempelajari modul functional. Beberapa modul yang diimplementasikan SAP adalah Human Resource, Material Management, Finance Management, Sales and Distribution, Plant Management dan masih banyak lagi. Di beberapa perusahaan mungkin mempunyai job desc bahwa functional analyst jg memerlukan pengetahuan tentang program ABAP (bahasa pemrograman yang digunakan untuk develop SAP)
  • Bila ingin belajar, mulai dari mana ? Menurut saya, lebih baik kita tentukan terlebih dahulu minat kita kemana : system atau functional. Mulai belajar nya bisa membaca referensi SAP untuk pemula, misalnya. di blog ini banyak sourcenya.
  • Apakah ada tempat training di Indonesia? Jawabannya ada, hanya masih jarang di Indonesia. Kalo mau lihat tempat training resmi partnersnya SAP di website ini.
  • Dasar-dasar apa yang diperlukan untuk belajar SAP? Tidak ada patokan khusus untuk mempelajari SAP. Tapi bagi seorang programmer ABAP prerequsitenya mungkin harus sudah bisa SQL dan Java programming. Untuk Basis admin memerlukan dasar pengetahuan tentang ilmu komputer.
  • Sebagai bahan untuk memotivasi belajar, bahwa ilmu SAP masih sangat jarang yang menguasai, dan hingga saat ini masih banyak peluang dan tentu saja dengan kompensasi yang sangat kompetitif.